Home » , » Peranan Gula Dalam Kesehatan

Peranan Gula Dalam Kesehatan

Kebanyakan orang suka dengan gula ataupun permen. Hal ini wajar karena rasanya memang manis dan enak. Memang ada efek positif gula, tapi kita tidak boleh terlalu berlebihan mengkonsumsi gula untuk kesehatan. Gula adalah karbohidrat yang buruk yang dapat menyebabkan masalah dengan tingkat gula darah. Selain itu, gula memiliki banyak efek negatif  pada kesehatan: hipoglikemia, artritis, diabetes, osteoporosis, sakit kepala.

Untuk menghindari hal tersebut kita dapat mengganti gula dengan sumber-sumber alami seperti buah-buahan yang manis. Cobalah sesekali untuk mengurangi gula dalam makanan Anda sekitar satu-tiga dalam sepekan. Dan demi menjaga kesehatan pastikan Anda makan banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan atau sumber alami gula seperti stroberi, apel, tebu dan lain-lain.

Minum yang mengandung gula buatan juga harus dihindari sebisa mungkin seperti minuman soda. Salah satu minuman soda bisa mengandung sekitar 10 sendok teh gula, tentu kurang baik bagi kesehatan kita. Kita semua tahu bahwa minuman yang tidak mengandung gula adalah minuman yang sehat. Penelitian telah membuktikan bahwa pengganti gula buatan yang digunakan dalam produk minuman ringan dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh, merusak pertahan tubuh anda dalam melawan penyakit.

Nah bagi Anda yang suka minum minuman yang manis-manis, cobalah buat jus lemon, alpukat, atau tomat Anda sendiri yang lebih alami dalam menjaga kesehatan Anda. Dan mari kita ciptakan keluarga Indonesia untuk hidup lebih sehat.

3 komentar:

dhenok habibie mengatakan...

saya lagi mencoba mengurangi soft drink mas, tapi susaaaahhnya ammpun banget dah, padahal kadar gulanya banyak kan??

glewonews mengatakan...

thanks for info

Batu Adventure mengatakan...

gula emang enak dan manis, tapi kalo berlebihan juga ga baik buat kesehatan ya mas, bisa menimbulkan penyakit diabetes juga jadinya.. hati2 kalo udah memasuki usia rawan. nice info mas.

Posting Komentar