Home » » Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Bibir adalah salah satu daerah kulit yang rentan terhadap permasalahan terutama bibir pecah-pecah. Memang merupakan hanya masalah sederhana. Namun, jika tidak dirawat secara efektif akan menyebabkan iritasi dan menimbukan rasa sakit terutama saat makan. Tanpa perawatan yang baik, kondisi bibir Anda akan semakin memburuk dan tentu menyebabkan masalah lebih serius lagi.

Bibir pecah-pecah ditandai dengan pengelupasan kulit bibir yang tipis, retak yang terjadi menyebabkan pendarahan, peradangan nyeri,  dan panas terasa terbakar. Jika bibir yang retak dan berdarah Anda biarkan begitu saja tanpa diobati bisa terinfeksi. 
  
Bibir tidak dapat membentuk pertahanan yang efektif untuk selalu melembabkan karena lapisan kulit bibir sangat tipis. Selain itu, bibir tidak memiliki lapisan perlindungan dari keringat dan minyak pada tubuh. Oleh karena itu, bibir tidak bisa melembabkan sendiri seperti kulit pada bagian tubuh kita yang lain. Hal inilah yang menyebabkan bibir menjadi mudah kering dengan cepat dan masalah bibir pecah-pecah akan berkembang lebih mudah.

Perawatan bibir yang baik untuk masalah bibir kering atau pecah-pecah adalah menghindari berbagai macam faktor yang menyebabkan bibir kering atau pecah-pecah. Berikut ini yang saya kutip dari healthy-skincare.com

Pernapasan pada mulut biasanya disebabkan oleh penyumbatan pada hidung, mungkin dari dingin, akan mengakibatkan bibir menjadi kering. Hal ini terutama menjadi masalah bagi orang-orang yang bernapas melalui mulut saat tidur.

Menjilat bibir saat bibir sedang pecah-pecah, karena saliva akan mudah menguap dan memicu bibir kering.

•Terlampau banyak terkena elemen lingkungan yang berlebihan, seperti matahari, udara dingin, panas, atau kelembaban yang rendah.

•Mengkonsumsi makanan tertentu dapat mengeringkan kulit bibir.
 
Tindakan seperti  merokok menyebabkan permasalahan pada bibir, bibir mejadi kering.

Reaksi alergi terhadap kosmetik yang digunakan pada bibir, yang dapat mempengaruhi masalah bibir menjadi pecah-pecah.

Ketika pencegahan telah dilakukan dan belum cukup efektif untuk mengatasi bibir pecah-pecah, maka dibutuhkan perawatan yang lain untuk dapat membantu.  Mengelupas kulit mati untuk menghilangkan dari permukaan bibir bukanlah pengobatan yang efektif pada bibir pecah-pecah dan justru dapat menyebabkan pendarahan pada bibir.

Ada juga berbagai macam perawatan bibir yang telah pecah-pecah yaitu dengan menggunakan atau merawat bibir kering dengan menggunakan produk lip balm. Selain menggunakan lip balm, terdapat berbagai perawatan alami untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan menghambat bibir menjadi kering. Contoh perawatannya antara lain:

Pijat bibir sebelum tidur dengan sedikit krim susu dan ditambahkan dengan beberapa tetes air mawar dan air jeruk nipis.

Menggunakan sedikit mentega coklat untuk menjaga bibir lembab sepanjang hari dengan cara mengoleskan pada bibir.

Memberi makanan pada bibir dan membuat pertahanan untuk melembabkan dengan menggunakan sayuran yang mengandung gliserin dan dicampur dengan vitamin E.

Mengoleskan sedikit madu pada bibir, gula alami yang terkandung di madu akan menjaga kelembaban bibir.

Menghancurkan pepaya yang sudah matang, dan mengoleskan  pada bibir dan kulit sekitarnya selama 10 sampai 15 menit. Bilas dan menggunakn lip balm. Pepaya mengandung enzim pengelupas untuk membantu melembutkan dan memperbaiki garis bibir.

Dari bibir orang dapat melihat penampilan Anda sepanjang hari. Tapi terkadang faktor kesehatan bibir memang tidak dapat dihindari. Untuk itu diperlukan cara perawatan yang baik agar penyakit bibir pecah-pecah tidak semakin berkembang atau lebih serius.

4 komentar:

Rama88 mengatakan...

hihiih ane sering tuh sob bibir pecah2,, apalagi habis bangun tidur,, :D.. thx atas tipsnya, happy blogging.. :D

Kita Sehat mengatakan...

Rama88@: sama sob sya juga nih,,hehe,... tahnk sob..

bunggsu mengatakan...

wach,,klo udah bibir pecah pecah,,, ngapain z gk enak,,

Batu-Adventure mengatakan...

kalo bibir pecah2 + tenggorokan kering ditambah sariawan waahhh udah ga enak banged tuh sob. bisa dikatakan penyakit bulanan ni saya kalo gtu. tapi alhamdulillah sekarang sudah lumayan membaik. hhe

Posting Komentar