Home » » Menjaga kesehatan anak Anda dengan berolahraga

Menjaga kesehatan anak Anda dengan berolahraga

Ketika kebanyakan dari kita orang dewasa dalam menjaga kesehatan kita dengan berolahraga, maka bisa saja pilihan berolahraga di gym karena waktu yang terbatas untuk melakukan kegiatan olahraga yang lain.

Tapi untuk anak-anak, olahraga berarti bermain, bercanda dan aktif secara fisik. Anak-anak berolahraga saat di sekolah mereka ada kegiatan olahraga seperti latihan sepak bola, atau kelas tari. Mereka juga berolahraga saat mereka istirahat seperti  mengendarai sepeda, atau bermain petak umpet.

Ada Banyak Manfaat dari olahraga, semua orang bisa mendapatkan keuntungan dari olahraga. Termasuk untuk anak-anak Anda, dapat  memiliki tulang kuat dan otot yang kuat, memiliki tubuh lebih ramping karena olahraga membantu tubuh mengontrol lemak, kurang cenderung menjadi kelebihan berat badan, dan memiliki pandangan yang lebih baik tentang kehidupan.

Selain menikmati manfaat kesehatan dari olahraga yang teratur, anak-anak Anda Juga sehat secara fisik dan juga tidur menjadi lebih baik dan lebih mampu menangani tantangan fisik dan emosional dalam pergaulan sesama mereka. Orang tua hendaklah mendorong atau menjaga kesehatan anak-anak Anda untuk tetap melakukan berbagai kegiatan olahraga sehingga mereka dapat bekerja dan memiliki kehidupan yang lebih baik dan sehat di kemudian hari.

Lalu olahraga apa saja yang harus di sarankan kepada anak Anda untuk melatih daya tahan tubuhnya, maka  kegiatan aerobik adalah yang paling baik. Karena selama latihan aerobik, jantung berdetak lebih cepat dan anak Anda akan bernafas lebih keras. Bila dilakukan secara rutin dan terus menerus untuk jangka waktu tertentu, kegiatan aerobik akan memperkuat jantung dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam mendistribusi oksigen keseluruh sel. Latihan aerobik tentu dapat menyenangkan untuk orang dewasa maupun anak-anak. Contoh kegiatan aerobik antara lain bola basket, sepak bola, sepeda, renang, tenis, berjalan, dan joging.

Dan juga latihan peregangan membantu meningkatkan fleksibilitas, membuat otot dan sendi menekuk dan bergerak dengan mudah melalui berbagai gerak. Sarankan anak-anak Anda mencari waktu atau kesempatan setiap hari untuk meregangkan otot mereka. Dan Latihan peregangan sebaiknya dilakukan selama 5 hingga 10 menit setiap hari tetapi bisa juga dilakukan selama 4 hingga 5 kali dalam seminggu.

Selain itu untuk menjaga anak Anda agar selalu ikut terlibat aktif dalam gerakan fisik tentu sangat perlu dorongan dari Anda sebagai orang tua. Dan salah satu cara terbaik adalah membatasi waktu anak Anda dalam menonton acara televisi. Para ilmuwan melakukan penelitian mengenai berbagai dampak kesehatan akibat kegiatan yang dilakukan sambil duduk dan menemukan bahwa menonton televisi dalam waktu yang lama bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dibandingkan dengan duduk sembari menggunakan komputer.

Terhadap perkembangan otak anak usia 0-3 tahun dapat menimbulkan gangguan perkembangan bicara, menghambat kemampuan membaca-verbal maupun pemahaman. Juga, menghambat kemampuan anak dalam mengekspresikan pikiran melalui tulisan, meningkatkan agresivitas dan kekerasan dalam usia 5-10 tahun. Hasil temuan ini diharapkan bisa membuat para orang tua lebih peduli dengan efek buruk dari aktivitas sehari-hari.

Nah bagi Anda sebagai orang tua menggabungkan aktivitas fisik secara teratur dengan olahraga sehat adalah kunci untuk gaya hidup sehat dalam menjaga kesehatan anak Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk membesarkan anak-anak Anda dengan baik:

-Bantu anak Anda berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang sesuai dengan usia.

-Menetapkan jadwal rutin untuk aktivitas fisik atau olahraga.
 
-Memasukkan aktivitas kedalam rutinitas sehari-hari, seperti belajar merapikan tempat tidur mereka.

-Mengontrol pola makan mereka, tidak jajan sembarangan. 
 
-Memberikan contoh yang baik pada mereka, dengan cara menjaga kesehatan Anda sendiri, sehingga Anda akan menjadi peran positif bagi anak-anak Anda.

 
-Jaga agar Anda tetap menyenangkan bagi mereka, sehingga Anda dapat mengendalikan anak Anda atau memerintah secara halus dan baik sehingga dapat di patuhi.

Thank u sobat, dan mari kita ciptakan keluarga Indonesia hidup lebih sehat.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Berbagi Kisah, Infomasi dan Foto

Tentang Indahnya INDONESIA

www.jelajah-nesia.blogspot.com

farras mengatakan...

artikel yang bagus dan bermanfaat banget nih, lam kenal yah.....

Posting Komentar