Home » » Pentingnya Vitamin Bagi Tubuh

Pentingnya Vitamin Bagi Tubuh

Vitamin adalah nutrisi atau zat yang sangat penting bagi tubuh, kebutuhan vitamin menjadi jaminan kesehatan kondisi tubuh dalam keadaan sehat. Karena tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin secara sendiri meski pun dibutuhkan dalam jumlah yang kecil. Kata "vitamin" itu pertama kali digunakan pada tahun 1911 oleh seorang ahli kimia Polandia dan merupakan kombinasi dari dua kata vital+amina: vital, yang berarti kehidupan, dan amina, yang merupakan kelompok kimia sehingga terjadilah perkataan vitamin.

Pada umumnya ada tiga belas vitamin utama. Vitamin dibagi menjadi dua kategori, yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin larut lemak (A, D, E, dan K) diserap dengan bantuan lemak dalam makanan dan disimpan dalam lemak tubuh. Karena tubuh kita dapat menyimpan vitamin-vitamin ini untuk waktu yang lama. Vitamin lain, vitamin C, dan B-kompleks adalah vitamin yang larut dalam air, yang berarti vitamin ini tidak membutuhkan lemak untuk penyerapan, dan sebagian besar tidak dapat disimpan dalam waktu yang sangat lama dalam tubuh. 

Tubuh mendapatkan vitamin melalui proses pencernaan dari makanan yang kita konsumsi, dan bertindak sebagai perantara yang sangat penting untuk mempertahankan reaksi metabolisme yang baik. Reaksi ini bertanggung jawab untuk pencernaan, konversi makanan menjadi energi, pertumbuhan sel, perbaikan jaringan yang rusak, kekebalan, produksi hormon, reproduksi, perlindungan dari racun dan radikal bebas.

Tidak cukup asupan vitamin dapat menyebabkan metabolisme tidak efisien dan dapat mengalami berbagai masalah seperti kulit kering dan gatal, kekurangan energi dan kelelahan, imunitas rendah, mengurangi kesuburan dan penyembuhan luka yang lambat. jadi betapa pentingnya vitamin yang merupakan zat senyawa kompleks untuk memperkecil peluang manusia terkena penyakit.

Terimakasih, semoga bermanfaat, disarankan untuk tetap berkomunikasi dengan dokter Anda, dan mari kita ciptakan keluarga Indonesia hidup lebih sehat, sehingga tercipta Indonesia yang cerdas dan berwawasan luas, duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan bangsa-bangsa lain di dunia ini. Amin

3 komentar:

Anonim mengatakan...

pertamax...
terimakasih buat infonya,^_^

David Pearce mengatakan...

wahh mantap nihh infonya!
kunjungan malam sob!!

Wisata Malang mengatakan...

vitamin memang memegang peranan penting untuk kesehatan jasmani kita gan. manteb

Posting Komentar