Home » » Mendidik Semangat Membaca Anak

Mendidik Semangat Membaca Anak

Jika rumah Anda penuh dengan bahan bacaan yang medidik adalah cara yang baik untuk membantu anak-anak kesayangan Anda menjadi antusias dalam membaca serta menambah wawasan anak. Lalu, buku jenis apakah yang mesti ada dalam rumah Anda? Jika perlu tanyakan langsung pada anak Anda. Jika mereka masih terlalu kecil (masih balita) dalam mencari referensi, maka hal atau saran berikut semoga dapat mebantu Anda.

Berikut ini adalah beberapa tipsnya:

Cari pilihan yang bervariasi. Kumpulkan buku-buku bergambar menarik atau buku dengan gambar anak kecil, kartun yang bergaya-bergaya tertentu di sampulnya, itu akan menarik minat mereka untuk meniru hal positif yang ada di buku tersebut yang sesuai dengan umur anak Anda. Sedangkan untuk anak-anak Anda yang lebih tua akan menikmati atau tertarik dengan berbagai fiksi, nonfiksi, dan puisi serta ditambah kamus dan buku referensi lainnya.

Anak-anak yang ingin memahami cerita dalam buku tersebut akan merangsang minat mereka untuk dapat membaca sendiri. Dan jika ada buku yang lebih menantang minat anak Anda, mereka akan senang membacanya secara bersama-sama, mungkin dengan adiknya, kakak dan juga Anda. Anak-anak yang mulai remaja dapat melihat ilustrasi di buku dan mengajukan pertanyaan kepada Anda ketika mereka mulai memahaminya.

Dan jangan membatasi bahan bacaan buku-buku anak Anda. Jika buku tersebut masih bersifat mendidik untuk anak Anda. Dan juga adakan pengontrolan seperti sumber-2 di bawah ini:
  
-Majalah (untuk anak-anak)
-Buku audio 
-Kartu pos dari saudara
-Album foto atau scrapbook 
- koran
-Buku komik
-Internet (ada batas penggunaanya)

Dan pada dasarnya setiap anak yang dilahirkan memiliki potensi untuk tumbuh berkembang dengan baik, dan setiap orang mampu memaksimalkan potensinya. Tapi kepedulian dan pendidikan dari orang tua adalah faktor yang menentukan bagi perkembangan si anak. Karena orang tualah yang akan dicontoh terlebih dahulu oleh anak. 

Lalu bagaimana mendidik anak untuk semangat membaca, berikut adalah saranya:

Jauhkan bacaan yang tidak berguna. Bacaan yang tidak berguna kadang banyak kita temui tanpa disadari, misalkan dari koran-koran disertai dari iklan-iklanya yang tidak mendidik. Bagi orang tua yang berlangganan koran, berlanganlah dengan korang yang baik jangan dengan koran yang banyak menampilkan kriminal. Koran yang baik dan mendidik menurut saya adalah Media Indonesia dan tentu banyak lagi.

Buat tempat baca yang khusus. Sebagai anak-anak yang sedang tumbuh berkembang, sesuaikan rak dan buku, majalah sesuai dengan usia mereka. Buat rak yang menarik, tempatkan buku yang menghadap atau mudah dilihat mereka. Buat tempat baca yang nyaman, kursi tempat berkumpul atau tempat mojok mereka.

Tetap menarik. Pastikan area membaca memiliki pencahayaan yang baik. Mengganti bahan bacaan secara berkala, menyajikan majalah yang berbeda, dan termasuk buku-buku yang berhubungan dengan apa yang anak-anak tertarik atau belajar di sekolah. Hiasi sudut dengan karya seni anak Anda atau tulisan anak Anda. Tempatkan pemutar CD atau kaset terdekat untuk buku audio.

Tetap mendorong anak-anak untuk tetap semangat membaca. Mengajak untuk menulis dan berseni dan mendorong anak-anak untuk membuat buku, poster, yang menghias dengan gambar mereka sendiri. Anak-anak suka membaca hal-hal yang telah ditulis sendiri atau untuk berbagi kreasi mereka dengan keluarga dan teman-teman.

Demikianlah jika ada saran dan kritikan, atau tambahan silahkan Anda berika di kotak komentar. Terimakasih.

10 komentar:

ROe Salampessy mengatakan...

nice info...

saya belum jadi ayah, tapi lumayan dapat pengetahuan disini. hehehe

Jenis-jenis ular mengatakan...

Jangan lupa untuk mengajarkan anak tentang ancaman di sekitar nya termasuk untuk tidak mengganggu binatang seperti ular karena mengganggunya dapat membahayakan sang anak..

Iskaruji dot com mengatakan...

Tips yang sangat menarik...terkadang hal ini jarang sekalidi perhatikan orang tua dalam usaha mendidik anak...happy blogging!

Rama88 mengatakan...

tips nya sangat bermanfaat sob,, kalo nanti saya punya keluarga dan anak ,, ehheheh,, thx atas tipsnya sobat,. happy weekend n happy blogging,,

Kita Sehat mengatakan...

ROe Salampessy@: terimaksih sobat, terimakasih banyak,,tlah sudi berkunjung

Jenis-jenis ular@: betul sekali sob, pemasukan yang bagus, lumayan buat nambah wawasan,hehe

Iskaruji dot com@: terimaksh sobat, happy bloginng tuk smua..

Rama88@: terimaksih sobat.. cayoo happy blogging..

Musyari Aulia mengatakan...

ini bener2 yang di perlukan oleh seorang ibu, karena kalo gx semangatin anak dari kecil ketika besar dia kana membangkang,, kunjungannya ke mari ya www.musyariaulia.blogspot.com

Masduki mengatakan...

tipsnya ok banget....., untuk menambah pengetahuan kita, masa depan bangsa ada di pundak mereka

emingko mengatakan...

bener, dlam mningktkan mnat baca anak prlu dssipi mdia sprti gmbar dan wrna2 wrni pada buku yg akn djdkan bhan bcaan.
jgn lupa mampir ke eMingko Blog

Restiono mengatakan...

Nice info nih gan, nanti kalo saya punya anak bakalan saya beliin cerita bergambar, atau saya bikin blog deh buat anak-anak. :D

asaz mengatakan...

susah juga nyuruh anak yang baru masuk SD untuk belajar termasuk belajar mbaca, terganggu main

Posting Komentar