Home » » Menyikat Gigi Yang Benar

Menyikat Gigi Yang Benar

Kita biasanya sering bertanya kepada diri kita sendiri, "Gimana sih cara menyikat gigi yang benar?, Apa yang aku lakukan ini sudah benar?". Ketika kita melakukan sikat gigi setiap hari, kita percaya bahwa kita sudah melakukannya dengan tepat. Namun, sebenarnya masih banyak orang yang belum tahu bagaimana untuk menyikat gigi  dengan benar, dan jika Anda tidak melakukannya dengan benar Anda dapat merusak baik gusi atau gigi Anda.

Sebelum kita membahas cara-cara yang tepat untuk menyikat gigi, kita perlu melihat beberapa tips yang berguna tentang sikat dan pasta yang kita gunakan. Yang terpenting pertama adalah dengan menggunakan sikat gigi yang berbulu lembut. Dan mengganti sikat gigi Anda tiga bulan sekali atau bahkan lebih sering. Gunakan pasta gigi yang sudah terpercaya yang mengandung fluoride, yang membantu memperkuat titik-titik lemah dan mencegah gigi berlubang dan tentu yang telah di anjurkan oleh dokter gigi. Sikat gigi harus ditempatkan pada sudut 45 derajat terhadap gusi.
 
Dokter gigi menganjurkan metode menyikat gigi sebagai berikut: Sikat gigi dan gusi dengan posisi kepala sikat membentuk sudut 45 derajat di daerah perbatasan antara gigi dengan gusi. Kemudian gerakan sikat dengan lembut dan memutar. Sikat bagian luar permukaan setiap gigi atas dan bawah dengan posisi bulu sikat 45 derajat berlawanan dengan garis gusi agar sisa makanan yang mungkin masih menyelip dapat dibersihkan. Ini mungkin tidak sangat nyaman atau terlalu repot bagi banyak orang tetapi biasanya anjuran dokter sangat bermanfaat.

Gosok semua bagian permukaan gigi yang digunakan untuk mengunyah. Gunakan hanya ujung bulu sikat gigi untuk membersihkan gigi dengan tekanan ringan sebab dokter gigi menganjurkan untuk tidak menggunakan terlalu banyak tekanan karena dapat merusak gusi. Biarkan bulu sikat membersihkan celah-celah gigi. Rubah posisi sikat gigi sesering mungkin.

Untuk menyikat depan bagian dalam gigi, gosok gigi dengan posisi tegak dan gerakkan perlahan ke atas dan bawah melewati garis gusi dan jangan lupa untuk menyikat lidah karena ini akan membantu Anda melenyapkan napas yang kurang sedap yang disebabkan oleh bakteri.

Terima kasih, semoga bermanfaat. Jika kurang paham cobalah meminta bantuan dan saran dokter gigi yang berpengalaman, tentang cara menyikat gigi, dan jangan lupan minta saran lain tentang kesehatan gigi Anda, agar gigi Anda lebih terjaga dan terawat.

5 komentar:

Dwijayasblog mengatakan...

Tips yang menarik, nih. Memang menggosok gigi itu baik untuk menjega kesehatan.

OTRL mengatakan...

wah berarti kalo sikat gigi mesti bawa busur derajat nih..

cik awi mengatakan...

oh ternyata menyikat gigi ada caranya gan ya?

MARMER BLOGS mengatakan...

Ha,,,ha,,,ha,,Ketahuan dech caranya yang salah bikin gusi kesodok terus ama sikat tuch,Cara menyikat gigi yang baik dan benar seperti inimesthi dishare juga ma anak-anak dirumah.Sangat bermanfaat Ilmunya Gan,Blog ini memang sebuah blog yang menjunjung tinggi idealismenya sebagai Blog kesehatan,selamat an sukses,salam kenal dengan Blogger Tulungagung

Kontraktor mengatakan...

terima kasih ilmunya...

Posting Komentar