Home » , » Apakah Makanan Organik Itu?

Apakah Makanan Organik Itu?

Makanan organik berbeda dari makanan biasa atau konvensional baik itu dari cara di produksi maupun prosesnya. Makanan organik, dalam proses produksi sangat menghindari penggunaan pestisida.

Makanan organik dibudidayakan dan diproses dengan cara yang alami. Makanan organik tidak terpapar pupuk maupun pertisida buatan. Tanah yang digunakan untuk menanam sayur organik diharuskan bersih dari zat-zat buatan dan dikelola untuk mengurangi risiko kontaminasi potensial dari produk pertanian dengan patogen. Patogen termasuk bakteri berbahaya dan terutama E. coli 0157)  sehingga tidak ada kemungkinan terserap oleh akar sayuran organik.
 
Perbedaan antara makanan organik dan biasa adalah dari proses produksi. Makanan organik di produksi sesuai dengan defenisi apa yang dimaksud dengan makanan organik. Makanan organik memang tidak mutlak bebas dari pestisida. Makanan organik diproduksi dengan menggunakan minimal 50 persen bahan-bahan organik. Untuk pangan olahan, paling sedikit 95 persen ingridiennya harus diproduksi secara organik. Pupuk Organik berupa kotoran hewan dan kompos, penggunaan bahan kimia benar-benar sangat dihindari, beda dengan makanan biasa yang mungkin sengaja di produksi mengandung zat-zat kimia buatan, pestisida.

Memang tidak terdapat perbedaan yang signifikan mengenai kandungan gizi dalam makanan organik dan makanan biasa. Kelebihan makanan organik dari makanan biasa adalah dalam proses produksi menghemat dan mengurangi tingkat kerusakan lingkungan, makanan organik memiliki kandungan gizi sedikit lebih baik dari makan biasa, mempunyai kandungan vitamin C, mineral, serta phytonutrients (bahan dalam tanaman yang dapat melawan kanker) yang juga sedikit lebih unggul dari makanan biasa.

Jadi tidak heran, begitu banyak konsumen yang mulai berbondong-bondong mengganti bahan makanan mereka dengan makanan organik. produk makanan organik laris manis di toko-toko, supermaket yang khusus menyediakan makanan organik walaupun sedikit lebih mahal. Fenomena ini seakan menunjukkan bahwa sebagian masyarakat sudah mulai menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan organik.

Demikianlah semoga bermanfaat bagi keluarga Indonesia yang cinta sehat. Mari ciptakan keluarga Indonesia hidup lebih sehat untuk menuju Indonesia yang kuat jasmani dan rohani. Amin.

5 komentar:

al kahfi mengatakan...

tambah masukan nih mas,, tentang makanan organiknya,, trims share nya

Kita Sehat mengatakan...

al kahfi@: sama-sama kawan,, thanks kunjungannya ya..

hamparan mengatakan...

jadinya makanan organik lebih sehat ya sob,,,
nice info,,,

Batu-Adventure mengatakan...

sekarang saya lagi coba bkin ladang di rumah sendiri sob, belajar buat nanem sayur sendiri, sehingga ga takut kalo mau makan itu sayur, asal dengan perawatan yang bener juga, hhe, trims

Searsir Beranda Pagi mengatakan...

informasinya bagus-bagus

Posting Komentar