Home » » Apakah Kopi Baik untuk Kesehatan Kita?

Apakah Kopi Baik untuk Kesehatan Kita?

Kopi merupakan minuman yang sangat populer di dunia, telah banyak di gemari oleh penduduk dunia. Pada awalnya kebiasaan minum kopi di mulai dari seorang penggembala di Etiopia pada awal abad ke 9 M. Orang Etiopia percaya bahwa kopi selain nikmat dapat membantu menjaga kesehatan, dan sejak saat itu kopi mulai dikenal di beberapa daerah di sekitarnya, hingga saat ini menyebar di seluruh dunia.

Dua bahan utama kopi yang bermanfaat bagi kesehatan kita bersifat antioksidan dan kafein. Kedua zat ini dapat meningkatkan kesehatan dan memiliki sifat anti-penuaan. Antioksidan dikenal untuk mendukung tubuh Anda dalam perbaikan sel yang rusak yang dipengaruhi oleh radikal bebas. Kafein memiliki kemampuan untuk melawan efek-efek tertentu seperti Penyakit Parkinson, serta masalah penuaan.  Dan berikut ini adalah beberapa manfaat dari kopi.

- Kopi menurunkan risiko gangguan jantung dan terutama stroke - menurut sebuah studi terbaru kopi mengurangi risiko stroke hingga 25% pada wanita dan laki-laki. Dan hingga saat ini masih di pelajari.

- Kopi mampu menjadi penenang nyeri pada otot jika mengkonsumsi secangkir kopi sebelum latihan di gym, akan dapat membantu mencegah nyeri otot dan nyeri. 

- Kopi meningkatkan memori - studi terbaru telah menemukan bahwa kafein memiliki efek yang menguntungkan pada proses berpikir dan meningkatkan memori atau ingatan. 

- Kopi mengatasi risiko berbagai penyakit, antioksidan yang ditemukan dalam kopi dikenal untuk mengurangi risiko penyakit seperti diabetes, batu empedu, Parkinson dan beberapa jenis kanker. Selain itu kopi bisa mencegah gigi berlubang dan dapat menenangkan gejala asma. 

- Kopi membantu meningkatkan energi, minuman ini dapat meningkatkan daya tahan dan meningkatkan tingkat energi pada tubuh kita.

Demikianlah manfaat dari kopi yang hampir  sama seperti teh, kopi memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi tidak boleh mengkonsumsi terlalu berlebihan. Konsumsi kopi berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala, masalah dengan sistem pencernaan, darah tinggi dan gangguan tidur. Itulah penyebabnya mengapa tidak boleh minum kopi terlalu banyak. Batasi asupan untuk sekitar 300 mg per hari. 

8 komentar:

al kahfi mengatakan...

saya ada problem kalau minum kopi walaupun sedikit 1/2 gelas kecil tetap saja kepala saya pusing,, knapa ya kira2?

Kita Sehat mengatakan...

al kahfi@: krena zat yang trkndung dalam biji kopi(copein)juga bisa menimbulkan fasokontriksi (penyempitan)pembuluh darah sob. zat inilah sob yang membuat sebagian orang cepat pusing walau minum sedikit seperti sobat, tpi kalau sudah terbiasa minum kopi malah bisa sebaliknya copein membrikan efek sebaliknya yang membuat orang menjadi pusing jika tdak minum kopi, tapi sobat tidak usah khawatir karena hal tersebut akan hilang beberapa saat kemudian setelah zat kopi tersebut dinetralisir secara alami oleh system metabolism dalam tubuh. thakns ya sob, panang bnget nih komenya,,hehe

ande089 mengatakan...

Mantap sob postingnya... bleh nambahin 1 lagi yah...heee... berdasarkan pengalaman, kopi juga bisa digunakan sebagai luka. fungsinya yaitu untuk menghentikan aliran darah yang keluar dari luka tersebut... saya dah coba sob...hee

Kita Sehat mengatakan...

ande089@: thanks sob masukannya sangat berguna sekali,,thansk banget ya sob..

chelonia mengatakan...

Saya baru tau kalau kopi itu mengandung senyawa antioksidan, dan ternyata punya banyak manfaat,

tautanpena mengatakan...

Hadir dan absen pagi sob...Kebetulan pena suka suka minum kopi sob..terutama kalau pagi hari sebelum berangkat kerja

Batu-Adventure mengatakan...

segala sesuatu yang berlebih emang ga baik mas, saya bukan penggemar kopi, namun memanfaatkan kopi untuk hal lainnya, seperti masker atau lulur, jadi bisa saya ambil manfaatnya selain untuk diminum, hehe

Mr Simpel mengatakan...

banyak juga ternyata manfaat dari kopi, tapi kalau berlebihan gak baik juga ya ternyata , ,,

Posting Komentar