Home » , » Strawberry dapat melindungi kerusakan lambung

Strawberry dapat melindungi kerusakan lambung

Buah yang bentuknya unik nan cantik menggemaskan dan sama seperti hati ini, yang jikalau sudah merah sangat menggoda rasanya, asam, segar dan manis. Pada zaman Yunani kuno, buah strawberry diangkat sebagai lambang cinta karena kemolekan dan keindahan sehingga resmi di angkat sebagai lambang cinta pada zaman itu. Sejak itulah buah strawberry mulai terkenal dan mendunia hingga kini.

Manfaat strawberry bagi kesehatan terbilang banyak. Buahnya yang berwarna merah menandakan bahwa buah ini kaya akan pigmen warna antosianin dan mengandung antioksidan yang tinggi. Karena kandungan antioksidannya yang tinggi itulah strawberry mempunyai khasiat yang sangat banyak, salah satunya adalah melindungi kesehatan atau kerusakan pada lambung. 

Dilansir oleh Genius Beauty, sekelompok ilmuwan dari Serbia Spanyol dan juga Italia percaya bahwa strawberry dapat melindungi kerusakan mukosa lambung akibat konsumsi alkohol. Dr. Sara Tulipani dari University of Barcelona memastikan bahwa efek positif yang diberikan oleh strawberry disebabkan oleh kandungan antioksidan alami.

Strawberry kaya Vitamin C, Serat, rendah kalori, folat, potassium, serta asam ellagic. Dengan mengkonsumsi delapan buah strawberry setiap hari, maka kebutuhan Vitamin C dan serat orang dewasa sudah tercukupi. Strawberry memiliki kandugan Vitamin C sebanyak 56,7 mg per 100 gram. Dan dalam penelitian juga ditemukan bahwa memasukkan strawberry dalam menu harian dapat mencegah penyakit lambung yang berkaitan dengan generasi radikal bebas dan bentuk lain dari oksigen aktif.

Ilmuwan memang dari dulu telah menemukan bahwa sangat banyak khasiat dari strawberry dan bahkan sudah menjadi pengetahuan biasa dalam dunia buah-buahan. Tetapi baru-baru ini ditemukan atau sekitar bulan januari yang lalu, bahwa para ilmuawan menemukan strawbeerry mampu memperlambat luka pada pemukaan kulit/selaput pada lambung (Ulfus).

Untuk menguatkan penelitian. Para ilmuwan membutuhkan waktu sekitar sepuluh hari dan menjadikan tikus sebagai bahan percobaan, beberapa diantara tikus-tikus tersebut diberi 40 miligram ekstrak strawberry dengan per kilogram berat badan. Lalu tikus tersebut diberi minuman dan makanan yang telah dicampur alkohol. 

Setelah beberapa hari dan percobaan pun telah selesai, lalu para ilmuwan melakukan analisis pada perut tikus dan hasilnya bahwa tikus yang telah mengkonsumsi strawberry memeliki luka yang lebih kecil dari pada tikus yang tidak diberi makan strawberry. Dengan adanya hasil ini bahwa buah yang cantik ini ternyata mampu memperlambat atau mencegah kerusakan pada lambung terhadap siapa pun yang mengkonsumsi buah yang molek dan menggemaskan ini.

1 komentar:

Indonesia Ku mengatakan...

disamping enak ternyata strawberi manfaatnya banyak juga gan..trimakasih infonya gan..salam persahabata..

Posting Komentar